Jumat, 17 Agustus 2012

Cara mudah menangani Cartridge yang tidak keluar tintanya


Pernahkan anda mempunyai printer yang tidak keluar tintanya ketika digunakan untuk mencetak ? Biasanya hal tersebut terjadi setelah printer tersebut lama tidak digunakan. Mengapa hal tersebut bisa terjadi ? Tinta yang tidak keluar tintanya pada saat mencetak dikarenakan lobang head tempat tinta lewat dan disemprotkan tersumbat. Sumbatan ini sebagian besar diakibatkan oleh keringnya tinta di ujung head. Jadi walaupun sebenarnya cartridge isi tinta, tetap tidak akan keluar karena headnya tersumbat. Terus bagaimana untuk mengatasi hal tersebut ?
Sebenarnya caranya cukup mudah. Kuncinya yaitu kita harus membuang tinta kering yang menyumbat pada head tersebut. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Siapkan terlebih dahulu air hangat. Berapa suhunya ? Dikira-kira saja, yang penting jangan terlalu panas dan jangan terlalu dingin pula. Jika terlalu panas akan bisa menyebabkan head rusak, jika terlalu dingin akan lebih susah dalam menghilangkan sumbatan tersebut. Jika bingung, campur saja air panas dan air dingin 50%:50%
  2. Jika sudah, siapkan cartridge yang akan dihilangkan sumbatannya. Cari bagian headnya. Bagian head adalah bagian tempat keluarnya tinta, biasanya terbuat dari kuningan dan berwarna kuning. Jika tetap tidak tau ya kayaknya kebangeten banget, he…
  3. Kalo sudah ketemu, celupkan secara perlahan-lahan bagian head tersebut kedalam air hangat sambil digoyang-goyang. Hal ini bertujuan agar tinta yang kering bisa lebih cepat luntur. Perhatikan juga warna airnya. Biasanya akan cepat sekali berubah menjadi hitam (karena tinta tersebut tentunya). Jika sudah berubah menjadi sangat hitam, ada baiknya anda ganti lagi dengan air yang baru, kemudian celupkan lagi headnya.
    Catatan: Anda tidak perlu khawatir terjadi konsleting (hubungan pendek), karena cara ini sudah banyak yang menggunakan dan terbukti.
  4. Lakukan beberapa kali hingga tinta dapat keluar dengan lancar. Jadi air yang digunakan akan lebih cepat lagi berubah menjadi hitam karena tinta yang keluar dari head tersebut.
  5. Jika air tidak berubah warna malah berarti cartridge masih tersumbat karena tidak ada tinta yang bisa keluar. Hal tersebut terjadi pada cartridge yang sudah sangat lama tidak digunakan (lebih dari 1 tahun), dan kemungkinan besar tidak bisa untuk diperbaiki, karena memang sumbatan tinta tersebut sudah terlanjur kering.
  6. Jika proses peleburan sumbatan tersebut sudah dianggap cukup, maka segera keringkan cartridge tersebut dengan lap halus atau tisu.
Setelah langkah diatas dilakukan, maka anda bisa mencobanya lagi menggunakan cartridge tersebut untuk mencetak, mudah-mudahan tinta bisa keluar. Jika pada saat perendaman tinta sudah bisa keluar dengan lancar, tetapi setelah dipasang pada printer tetap tidak keluar tintanya, maka ada kemungkinan sensor level ink ter-disable. Biasanya terjadi dan dilakukan oleh pengguna printer canon seri Pixma. untuk memulihkan sensor level ink ada caranya sendiri dan akan saya posting pada artikel berikutnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar